PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI MEDIA GAMBAR BERSERI PADA ANAK KELOMPOK A DI TK ABA BARAHAN GALUR KULON PROGO

Sri Safangati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara melalui media gambar berseri pada anak
kelompok A TK ABA Barahan, Galur, Kulon Progo Yogyakarta. Kemampuan bebicara ditunjukkan oleh keberanian
berbicara, kelancaran berbicara dan menceritakan kembali dengan urut sesuai isi gambar. Jenis penelitian
menggunakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini yaitu anak kelompok A di TK ABA Barahan,
Tirtorahayu, Galur, Kulon Progo. Jumlah anak sebanyak 20 anak. Pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Insrumen penelitian menggunakan lembar observasi. Analisis data
dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media
gambar berseri dengan tema angin puting beliung, gunung meletus, banjir dan gempa bumi dapat meningkatkan
kemampuan berbicara pada anak kelompok A TK ABA Barahan Galur Kulon Progo. Kemampuan berbicara yang
dimaksud dalam penelitian ini meliputi: keberanian berbicara, kelancaran berbicara dan kemampuan mengurutkan
kembali isi cerita. Langkah-langkah yang dilakukan dalam upaya meningkatkan kemampuan berbicara pada anak
kelompok A, meliputi: (1) meningkatkan keberanian berbicara anak dengan cara anak mendengarkan cerita dari guru
dengan posisi sejajar dengan pandangan guru, sehingga cerita dalam gambar berseri dapat dengan jelas diterima oleh
anak, (2) meningkatkan kelancaran berbicara anak dengan cara mengoptimalkan konsentrasi anak pada saat
mendengarkan cerita yang disampaikan guru dengan membagi menjadi empat kelompok yang masing-masing
kelompok terdiri lima anak, (3) meningkatkan kemampuan anak dalam menceritakan kembali isi cerita dengan cara
media gambar dipotong-potong dan diurutkan sesuai urutan kejadian dan diletakkan di atas meja, agar lebih mudah
dicermati dan dipahami oleh anak. Peningkatan kemampuan berbicara anak kelompok A yang ditunjukkan oleh
pencapaian skor sebelum tindakan 76 (31,67%) dan pada Siklus I skor yang dicapai 148,5 (61,88%) dengan skor
maksimal 240. Peningkatan skor dari sebelum tindakan ke tindakan Siklus I mencapai 72,5 (30,21%). Pada tindakan
Siklus II mencapai skor 211 (87,917%) dengan skor maksimal 240. Peningkatan kemampuan berbicara dari tindakan
Siklus I ke tindakan Siklus II mencapai 62,5 (26,04%).

Kata kunci: kemampuan berbicara, media gambar berseri, anak kelompok A


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.