PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI TAMAN ANAK SANGGAR ANAK ALAM (TA SALAM) YOGYAKARTA

Kurnia Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan contextual teaching and learning di TA SALAM Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Objek penelitian ini adalah proses pembelajaran dengan CTL pada TA SALAM Yogyakarta. Data-data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi serta dikodekan menjadi CL (catatan lapangan), CW (catatan wawancara), CD (catatan dokumentasi). Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif menggunakan model analisis interaktif. Data-data hasil penelitian diuji keabsahannya dengan menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi, dan membercheck. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan CTL di TA SALAM meliputi (1) perencanaan, dengan menerapkan karakteristik CTL prinsip kesalingbergantungan dan pembelajaran terintegrasi (2) pelaksanaan, komponen CTL yang muncul adalah konstruktivisme, inkuiri, bertanya, masyarakat belajar, modelling, dan refleksi (3) evaluasi dan pelaporan hasil evaluasi, menggunakan komponen CTL penilaian autentik dan karakteristik CTL prinsip pengorganisasian diri dan diferensiasi (4) faktor pendukung meliputi anak, orangtua, lingkungan, dan kurikulum (5) faktor penghambat yaitu dinamika anak yang berbeda.

Kata kunci : pembelajaran kontekstual, taman anak SALAM


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.