PERAN ORANG TUA DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN DARING DI TK ABA ARGOMULYO MASA PANDEMI COVID-19

Arbela Nurmalitasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam mendukung pembelajaran daring di TK
ABA Argomulyo pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif.
Setting penelitian yaitu TK ABA Argomulyo. Sumber data penelitian yaitu data primer dan sekunder. Teknik
pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode Miles &
Huberman. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan : (1)
Tanggung jawab : fasilitator, motivator, dan penanam jiwa keagamaan dan sosial; (2) Peran orang tua : guru,
fasilitator dan motivator; (3) Sikap dan cara orang tua : menemani anak mengerjakan tugas dan membantu anak
saat kesulitan; (4) Faktor yang mempengaruhi : pekerjaan dan waktu; (5) Kelebihan dan kekurangan pembelajaran
daring : mempermudah proses belajar dan mengatasi persoalan jarak, kekurangannya anak menjadi kurang
bersosialisasi dan orang tua dituntut untuk bisa mengoperasikan IT dalam pembelajaran online.
Kata kunci : peran orang tua, pembelajaran daring, pandemi covid-19

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.