PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL POLA ABC-ABC MELALUI MEDIA GAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A2 TK AL-MADINA

Viny Anggradini Puspitaloka

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal pola ABC-ABC melalui penggunaan
media gambar pada anak kelompok A2 di TK Al-Madina. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang
dilakukan secara kolaboratif dan partisipatif. Subjek penelitian ini yaitu 16 anak kelompok A2 TK Al-Madina. Objek
penelitiannya yaitu kemampuan mengenal pola ABC-ABC. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
metode observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan mengenal pola
ABC-ABC meningkat setelah adanya tindakan melalui penggunaan media gambar sesuai kriteria keberhasilan
dengan persentase rata-rata yang telah ditentukan sebesar 80%. Berdasarkan data hasil observasi pelaksanaan pada
saat Pra Tindakan hanya mencapai persentase rata-rata sebesar 33,85% termasuk dalam kriteria kurang baik, pada
tindakan Siklus I menunjukan persentase rata-rata 59,38% termasuk dalam kriteria cukup dengan peningkatan
sebesar 25,53%, dan pada tindakan Siklus II menunjukan persentase rata-rata 82,81% termasuk dalam kriteria sangat
baik dengan peningkatan sebesar 23,43%.

Kata kunci: Kemampuan Mengenal Pola ABC-ABC, Media Gambar, Anak Kelompok A2

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.