KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK SE KECAMATAN SANDEN BANTUL

Istiwinarni Istiwinarni

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan anak dalam mengenal huruf di TK se-
Kecamatan Sanden Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Setting penelitian
bertempat di TK se-Kecamatan Sanden Bantul. Subjek penelitian ini ialah 35 anak di TK se-Kecamatan Sanden
Bantul. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan
teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan anak dalam mengenal huruf
di TK se-Kecamatan Sanden Bantul dalam kriteria baik. Hal ini dapat dilihat dari data lapangan yang menjukkan
bahwa dari sepuluh indikator terdapat empat indikator yang masuk dalam kriteria baik diantaranya kemampuan
memilih gambar yang sesuai dengan kata yang dilihat, kemampuan menyebutkan huruf awal suatu kata yang dilihat,
kemampuan menuliskan huruf yang didengar dan kemampuan menyebutkan huruf pada namanya.
 
Kata kunci: kemampuan mengenal huruf, anak usia dini

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.