PENERAPAN PENDIDIKAN BUDI PEKERTI DI KELOMPOK B 2 TK NDASARI BUDI KRAPYAK

Yeny Varitasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendidikan budi pekerti di kelompok B 2 TK
Ndasari Budi Krapyak. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data
menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 9 nilai-nilai
budi pekerti yang ditanamkan. Perencanaan pembelajaran dilakukan dengan menyusun RPPM. Strategi yang
digunakan berupa pembelajaran langsung melalui RPPM dan strategi tidak langsung melalui kegiatan sehari-hari
berupa pembiasaan dirumah. Metode pembelajaran yang digunakan berupa pengkondisian lingkungan, bernyanyi,
bercakap-cakap, bercerita/main peran (pentas seni), pemberian contoh, perintah/teguran, praktek langsung,
pembiasaan dan pemberian tugas. Penilaian dilakukan dengan dokumentasi kegiatan yang dilaksanakan dirumah.
Orangtua mempunyai peran yang sangat penting dalam proses penanaman nilai budi pekerti.

Kata kunci: Pendidikan budi pekerti, TK Ndasari Budi Krapyak

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.