PEMBELAJARAN PENGENALAN BILANGAN DALAM MENSTIMULASI PERKEMBANGAN BERPIKIR SIMBOLIK PADA ANAK KELOMPOK B

Rina Safitri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran pengenalan bilangan dalam menstimulasi
kemampuan berpikir simbolik pada anak kelompok B di TK ABA Siti Mariyah. Jenis penelitian yang digunakan
adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran dilakukan dengan menyusun RPPM, anak sudah
melakukan 7 kegiatan pembelajaran pengenalan bilangan. Strategi pembelajaran yang dipilih oleh guru adalah doit-signal,

keterlibatan indera, belajar dengan benda nyata dan bermain sambil belajar. Metode pembelajaran
menggunakan metode penugasan dan kartu bilangan. Penilaian dilakukan dengan menekankan pada penilaian hasil
karya. Terdapat faktor pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu kerjasama yang baik antara guru dan
orang tua dalam pelaksanaan pembelajaran dan faktor penghambatnya adalah adanya orang tua yang kurang
mendukung kegiatan pembelajaran anak dirumah.
 
Kata kunci: pembelajaran pengenalan bilangan, berpikir simbolik, kelompok B.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.