PERSEPSI GURU DALAM MENERAPKAN KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH TAMAN KANAK-KANAK SE-GUGUS IV KECAMATAN TURI

Hidayatul Nuril Badriyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru dalam penerapan kurikulum 2013 di sekolah
Taman Kanak-kanak se-gugus IV kecamatan Turi, Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian survei. Penelitian
dilakukan gugus IV kecamatan Turi, Sleman. Adapun subyek penelitiannya adalah seluruh guru di gugus IV
tersebut yang berjumlah 11 guru dari 4 sekolah. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket. Data-data
yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Data disajikan dalam bentuk tabel
presentase dan diagram batang. Hasil penelitian mendapati bahwa persepsi guru terkait tingkat kesiapannya dalam
menerapkan kurikulum 2013 di sekolah Taman Kanak-kanak se-gugus IV kecamatan Turi adalah cukup siap
dengan presentase 63,64 persen. Apabila dirinci pada setiap kategori yaitu yang termasuk ke dalam kategori siap
ada 1 responden atau 9,09 persen. Termasuk kedalam kategori siap 0 persen. Termasuk ke dalam kategori cukup
siap sebanyak 7 responden atau 63,64 persen. Termasuk ke dalam kategori kurang siap sebanyak 3 responden atau
27,27 persen dan termasuk kategoru tidak siap 0 persen.
 
Kata kunci: persepsi, guru, kurikulum 2013

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.