PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA KOTAK PINTAR PADA ANAK KELOMPOK B TK SURYODININGRATAN

Nur Vita Sari

Abstract


Kemampuan membaca permulaan perlu dirangsang sejak anak usia dini agar anak tidak mengalami banyak
kesulitan dalam mempelajari berbagai bidang studi pada tingkatan pendidikan selanjutnya. Penelitian ini bertujuan
untuk meningkatkan kemampuan membaca pemulaan melalui media kotak pintar pada kelompok B2 TK
Suryodiningratan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
kolaboratif yang menggunakan model Kemmis & Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B2 TK
Suryodiningratan sebanyak 13 anak. Metode Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi.
Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan
membaca permulaan pada anak dapat ditingkatkan menggunakan media kotak pintar. Peningkatan kemampuan
membaca permulaan tersebut dapat dilihat berdasarkan persentase yang meningkat dari pra tindakan  sebesar 0%
mengalami peningkatan 7,96% pada siklus I menjadi 7,96% pada siklus II meningkat 76,93% menjadi 84,62%
dengan kriteria Berkembang Sangat Baik.

Kata kunci: Kemampuan membaca permulaan, media kotak pintar, kelompok B

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.