UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN BERMAIN PAPER QUILLING PADA ANAK KELOMPOK B TK ABA TRISIGAN SANDEN BANTUL

Ninda Oktaviani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan bermain paper
quilling pada anak kelompok B TK ABA Trisigan Sanden Bantul. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan
Kelas, yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi.
Instrumen penelitian yang digunakan yaitu instrumen observasi checklist. Teknik analisis data yang digunakan yaitu
teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses meningkatkan keterampilan motorik halus
anak mengalami peningkatan. Langkah-langkah yang ditempuh adalah anak bersama guru membuat aturan
permainan dan anak bermain paper quilling dengan media benda 3 dimensi. Hasil observasi keterampilan motorik
halus anak yang semula pada tahap pratindakan menunjukkan persentase 0% atau tidak ada anak yang mendapatkan
kriteria Berkembang Sangat Baik, kemudian menjadi 35,71% atau 5 anak pada Siklus I dan mengalami peningkatan
50% menjadi 85,71% atau 12 anak pada Siklus II.
 
Kata kunci: keterampilan motorik halus, paper quilling, anak

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.