KETERAMPILAN MERONCE ANAK KELOMPOK B TK GUGUS 2 KECAMATAN KOKAP

Handayani Tri Rezeki

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase keterampilan meronce anak Kelompok B TK Gugus 2 Kecamatan Kokap. Jenis penelitian ini adalah survey dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 58 anak yang terbagi dalam 2 TK di Gugus 2 Kecamatan Kokap. Teknik pengumpul adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik. Berdasarkan hasil penelitian pada aspek kecermatan dapat diketahui bahwa sebanyak 98,70% anak kelompok B TK Gugus 2 Kecamatan Kokap dapat melakukan kegiatan meronce secara teliti, hati-hati dan sesuai pola, sedangkan 18,81% anak meronce dengan hati-hati tetapi tidak  sesuai pola  dan 0,92% anak meronce dengan teliti, hati-hati dan sesuai pola tetapi dengan bantuan orang lain. Sedangkan pada aspek kecepatan dapat diketahui bahwa sebanyak 68,15% anak kelompok B TK Gugus 2 Kecamatan Kokap anak menyelesaikan roncean sebelum pembelajaran berakhir, sedangkan 32,76% anak menyelesaikan roncean saat pembelajaran berakhir dan 1,25% anak menyelesaikan roncean tetapi selesai setelah pembelajaran berakhir.

 

Kata kunci: meronce, kecermatan, kecepatan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.