UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI METODE EKSPERIMEN WARNA PADA ANAK KELOMPOK B DI TK ABA I IMOGIRI

Faza Kurnia Fitriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan keterampilan proses sains pada anak Kelompok B di TK ABA I Imogiri melalui metode eksperimen warna. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model penelitian Kemmis dan Mc Taggart dengan sistem spiral.Subjek penelitian ini adalah semua anak Kelompok B di TK ABA I Imogiri yang berjumlah 15 anak, terdiri dari 8 anak perempuan dan 7 anak laki-laki. Objek penelitian ini adalah kemampuan keterampilan proses sains melalui metode eksperimen warna.Data pada penelitian ini diperoleh melalui observasi.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan keterampilan proses sains dari siklus I ada 1 anak (7,69%) pada kriteria Berkembang Sesuai Harapan dan pada siklus II meningkat menjadi 11 anak (84,62%) pada kriteria Berkembang Sesuai Harapan dan 1 anak (7,69%) pada kriteria Berkembang Sangat Baik.

 

Kata kunci : keterampilan proses sains, metode eksperimen warna


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.