PENINGKATAN KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI CERITA MELALUI POP-UP ANAK TK

Dita Asih Fitantri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menceritakan kembali isi cerita melalui media pop- up. Kemampuan menceritakan kembali isi cerita merupakan kegiatan anak setelah anak memahami dan menceritakan kembali isi cerita yang sudah di dengarnya. Penelitian ini dilakukan di Kelompok A4 TK Masyithoh Pijenan Pandak Bantul. Subjek penelitian ini berjumlah 19 anak dan objek penelitian ini adalah kemampuan menceritakan kembali isi cerita pada anak. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah minimal 15 anak (75%) memiliki kemampuan menceritakan kembali isi cerita dengan kriteria berkembang sangat baik (BSB). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menceritakan kembali isi cerita anak meningkat ditunjukkan dengan data dari penelitian pra tindakan, dimana anak yang mencapai kriteria berkembang sangat baik sebesar 0% (0 anak), meningkat pada siklus I menjadi 47,4 % (9 anak), dan meningkat menjadi 79% (15 anak) pada siklus II.

 

Kata kunci : kemampuan menceritakan kembali, pop-up, anak TK


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.