PROSES PEMBELAJARAN DI KELOMPOK B TK ABA KANGGOTAN PLERET BANTUL

Novia Nur Lisa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai pelaksanaan proses pembelajaran di kelompok B TK ABA Kanggotan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan pembelajaran pada kegiatan pembukaan dan kegiatan penutup sudah dilaksanakan sesuai dengan peraturan mengenai beberapa hal yang harus dilakukan pada kegiatan pembuka dan kegiatan penutup, namun dalam kegiatan inti belum menerapkan secara maksimal pendekatan saintifik 5M. (2) Terdapat 6 prinsip yang sudah sesuai dan 8 prinsip yang belum sesuai dengan dengan prinsip-prinsip PAUD menurut Direktorat Pembinaan PAUD Tahun 2013. (3) Pendekatan saintifik yang sudah diterapkan adalah mengumpulkan informasi, sedangkan pendekatan saintifik yang belum dilaksanakan secara maksimal adalah pendekatan saintifik mengamati, menanya, menalar, dan mengomunikasikan.

 

Kata kunci: Proses Pembelajaran, Taman Kanak-kanak


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.