PERBEDAAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK KELOMPOK B DI TK MASYITHOH BINA PUTRA 2 YANG SERING DAN TIDAK SERING MENDENGARKAN BUKU CERITA

Aldona Viveronika

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di TK Masyithoh Bina Putra 2 yang sering dan tidak sering mendengarkan buku cerita. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif komparatif. Subjek dalam penelitian yaitu anak kelompok B berjumlah 68 anak dan orangtua. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling, berdasarkan kriteria didapatkan 37 anak kategori sering mendengarkan buku cerita dan 31 anak jarang/tidak mendengarkan buku cerita. Instrumen yang digunakan untuk orangtua yaitu kuisioner, sedangkan instrumen kemampuan membaca anak menggunakan tes unjuk kerja. Teknik analisis data menggunakan uji-t taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di TK Masyithoh Bina Putra 2, yaitu: anak yang sering mendengarkan buku cerita berada pada kategori “Berkembang Sangat Baik (BSB)”, sedangkan anak yang tidak atau jarang mendengarkan buku cerita pada kategori “Berkembang Sesuai Harapan (BSH)” dan ada perbedaan yang signifikan antara anak yang sering dan tidak sering mendengarkan cerita pada anak kelompok B di TK Masyithoh Bina Putra 2, dengan nilai signifikansi (α) 0,000 < 0,05.

 

Kata kunci : kemampuan membaca permulaan, cerita, anak usia dini


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.