PENERAPAN METODE BERCERITA DENGAN BONEKA TANGAN PADA ANAK KELOMPOK A DI TK ABA GIWANGAN YOGYAKARTA

Prima Listyani

Abstract


Penelitian Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode bercerita dengan boneka tangan pada anak kelompok A di TK ABA Giwangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru dan orangtua. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dengan model analisis interaktif Miles dan Huberman. Analisis keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Penerapan metode bercerita pada kelas A di TK ABA Giwangan dimulai dengan melakukan perencanaan, memilih tema, bentuk cerita, media, dan penilaian. Kegiatan bercerita memiliki kekhasan dimana guru memiliki metode bercerita yang unik, seperti intonasi dan berperan sebagai motivator, serta pembimbing. Guru dalam melakukan evaluasi dengan mengamati perkembangan anak ketika istirahat dan kegiatan lain. Menurut guru hasil evaluasi menunjukkan perkembangan kemampuan imajinatif dan mampu berinteraksi dengan lingkungan, serta anak lebih berani bertanya dan berpendapat. Dalam kegiatan di TK ABA Giwangan terdapat faktor penghambat dan pendukung kegiatan pembelajaran, faktor pendukung berupa dukungan dari sekolah dan guru yang berpengalaman, faktor penghambat kurangnya jenis boneka tangan dan buku cerita serta kelas kurang kondusif. Penerapan metode bercerita di TK ABA Giwangan memiliki cara yang unik dan khas dilihat dari cara guru melakukan pembelajaran.

 

Kata kunci: metode bercerita, boneka tangan, anak  


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.