MEDIA FLANEL ANGKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN ANAK KELOMPOK A TK ABA KALINAMPU GUNUNGKIDUL

Itsnaini Wahidatunnisa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan anak Kelompok A di TK ABA Kalinampu Gunungkidul. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan 1 sampai 10 dapat ditingkatkan melalui langkah-langkah yang dilakukan guru, yaitu guru mengajak anak untuk menyebutkan bilangan menggunakan benda konkret, mengajak anak membilang 1 sampai 10, membilang sambil menghubungkan dengan lambang bilangan menggunakan media flanel angka dan meniru lambang bilangan. Peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak Kelompok A telah memenuhi indikator keberhasilan sebesar 75% dari seluruh jumlah anak dan masuk dalam kriteria Berkembang Sesuai Harapan dengan persentase 83,22%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui media flanel angka dapat meningkatkan kemampuan dalam mengenal lambang bilangan pada anak Kelompok A di TK ABA Kalinampu Gunungkidul.

 

Kata kunci: kemampuan mengenal lambang bilangan, media flanel angka, anak Kelompok A

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.