CAPAIAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM AL IKHLAS BANDUNGREJO KECAMATAN BAYAN KABUPATEN PURWOREJO

Ellyn Anjarwati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui capaian kemampuan membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun di TK Islam Al Ikhlas Kecamatan Bayan Kabupaten Purworejo. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Model penelitian yang digunakan mengadaptasi dari Miles dan Huberman. Subjek yang diteliti adalah anak yang berusia 5-6 tahun berjumlah 5 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa capaian kemampuan membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun di TK Islam Al Ikhlas Bandungrejo telah mencapai pada tahp perkembangan keterampilan membaca, tahap membaca peralihan, dan tahap konsep diri. Sejumlah lima peserta didik telah mencapai beberapa kategori yang hasilnya menunjukkan perbedaan dengan hasil 1 peserta didik dengan skor 47,1 memiliki kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB). 3 peserta didik memiliki skor 46,1; 45,6; dan 43,2 memiliki kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan 1 peserta didik dengan skor 18,9 memiliki kriteria Belum Berkembang (BB).

 

Kata kunci: kemampuan membaca permulaan, anak usia 5-6 tahun

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.