PERBEDAAN KEMAMPUAN MENGKLASIFIKASIKAN MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS PADA KELOMPOK A DI TK ABA SUTOPADAN

Irawati Irawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meneliti perbedaan kemampuan mengklasifikasikan benda antara anak yang menggunakan metode pemberian tugas melalui benda konkret dengan yang tanpa benda konkret pada anak Kelompok A di TK ABA Sutopadan. Jenis penelitian adalah Quasi Experiment. Subjek penelitian adalah anak Kelompok A berjumlah 42 anak. Metode pengumpulan data adalah observasi. Intrumen penelitian berupa rating scale dan tes. Analisis data menggunakan teknis analisis statistik deskriptif dan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam kemampuan mengklasifikasikan benda antara penggunaan metode pemberian tugas melalui benda konkret dengan tanpa benda konkret. Hal ini dapat diketahui dari hasil uji t-test skor post test pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol bahwa nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (thitung: 5,923 > ttabel: 1,684 = signifikan). Hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa penerapan metode pemberian tugas menggunakan benda konkret dalam kemampuan mengklasifikasikan benda memberi pengaruh yang lebih baik daripada tanpa menggunakan benda konkret.

 

Kata kunci: kemampuan mengklasifikasikan benda, benda konkret, anak kelompok A

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.