PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA TANGAN DI TK B

Ririn Noviani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan kemampuan berbicara anak melalui media boneka tangan pada anak Kelompok B2 di TK ABA Labbaik Among Putro III. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart  yang dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi (instrument penelitian, gambar atau foto, dan RPPH). Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini apabila kemampuan berbicara anak telah mencapai 80% dengan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada kemampuan berbicara melalui media boneka tangan pada anak Kelompok B2 di TK ABA Labbaik Among Putro III. Hasil observasi yang dilakukan pada saat pratindakan menunjukkan bahwa kemampuan berbicara anak mencapai 28,12% dengan kriteria Belum Berkembang (BB), pada Siklus I meningkat mencapai 41,17% dengan kriteria Mulai Berkembang (MB), dan pada Siklus II mencapai 80,72% dengan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB).

 

Kata kunci: Kemampuan berbicara, media boneka tangan, anak Kelompok B2


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.