EVALUASI PEMENUHAN STANDAR SARANA DAN PRASARANA DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI SE-KOTA YOGYAKARTA

Artdisa Dea Amalta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pemenuhan standar sarana dan prasarana di Taman Kanak-kanak Negeri se-Kota Yogykarta. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan pendekatan kuantitatif. Model evaluasi yang digunakan adalah model evaluasi kesenjangan (discrepancy evaluation model) yang dikembangkan oleh Malcolm Provus. Variabel penelitian ini adalah ketersediaan, kecukupan, dan kelayakan sarana prasarana yang terdapat di Taman Kanak-kanak Negeri se-Kota Yogyakarta. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemenuhan sarana prasarana tertinggi di TK Negeri se-Kota Yogyakarta terdapat pada TK Negeri Pembina Yogyakarta. TK Negeri Pembina Yogyakarta memiliki skor sebesar 570 dengan nilai deskriptif persentase 76% dan termasuk dalam kategori lengkap. Sedangkan, hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemenuhan sarana prasarana terendah di TK Negeri se-Kota Yogyakarta terdapat pada TK Negeri 4 Yogyakarta. TK Negeri 4 Yogyakarta memiliki skor sebesar 364 dengan nilai deskriptif persentase 49% dan termasuk dalam kategori cukup lengkap.

 

Kata kunci: evaluasi, sarana dan prasarana, taman kanak-kanak

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.