UPAYA GURU DALAM MEREGULASI EMOSI NEGATIF ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK PEMBINAAN KESEJAHTERAAN KELUARGA PRAWIROTAMAN YOGYAKARTA

Shintya Intan Saptaningrum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru dalam meregulasi emosi negatif pada anak di Taman Kanak-kanak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga Prawirotaman Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Hasil penelitian meliputi; jenis emosi negatif yang sering muncul pada anak adalah marah, sedih, takut, dan cemburu. Strategi yang dilakukan oleh guru dalam regulasi emosi negatif anak di Taman Kanak-kanak Pembinaan Kesejahteraan Keuarga Prawirotaman adalah memberikan motivasi, memberikan kesempatan pada anak untuk meluapkan emosi, mengarahkan emosi, membantu anak untuk meluapkan emosinya, serta menjadi pendengar dan fasilitator. Selain itu guru juga  menggunakan guyonan-guyonan berbahasa jawa untuk menghibur anak dan  guru sebisa mungkin melakukan komunikasi dengan orangtua terkait dengan reaksi emosi anak di sekolah. Peran guru di Taman Kanak-kanak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga Prawirotaman adalah sebagai orangtua di sekolah, sebagai motivator, dan sebagai contoh untuk anak. Faktor pendukung dalam regulasi emosi anak di Taman Kanak-kanak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga Prawirotaman adalah kepribadian dan pola asuh. Faktor penghambat dalam regulasi emosi anak di Taman Kanak-kanak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga Prawirotaman adalah  kepribadian, pola asuh,  usia, dan  jenis kelamin. Cara untuk mengatasi hambatan tersebut adalah dengan cara sebisa mungkin mengajak orangtua untuk berkomunikasi untuk mencari solusi.

Kata kunci: meregulasi emosi negatif, upaya guru, anak


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.