PENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI MEDIA POP-UP KELOMPOK B TK NEGERI PEMBINA JAGOI BABANG

Cindy Tri Kusumawardani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak kelompok B TK Negeri Pembina Jagoi Babang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dan wawancara. Teknik analisis data adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Adapun langkah-langkah dalam mengenalkan huruf menggunakan buku pop-up antara lain: 1) guru membuka tiap lembar buku pop-up secara perlahan, 2) guru memberikan kesempatan pada anak untuk mengamati huruf, 3) anak menyebutkan nama huruf, 4) guru mengulang nama huruf yang ditampilkan, dan 5) guru memberikan motivasi kepada anak ketika belum mampu mengenal huruf. Kondisi awal kemampuan mengenal huruf sebesar 17% dari jumlah seluruh anak pada kriteria sangat baik. Siklus I meningkat menjadi 84% dari jumlah seluruh anak  dan siklus II meningkat sebesar 92% dari jumlah anak pada kriteria sangat baik.

 

Kata Kunci: kemampuan mengenal huruf dan buku pop-up


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.