PEMBELAJARAN KREATIVITAS PADA KEGIATAN MENGGAMBAR DI TAMAN KANAK-KANAK KELOMPOK B MASYITHOH KREBETPAJANGANBANTUL

Megan Faiferin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikanpembelajaran kreativitas pada kegiatan menggambar di TK B Masyithoh Krebet. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru, penilaian harian, dan hasil karya anak. Pengumpulan data dengan teknik observasi dan dokumentasi.Dianalisis dengan model analisis interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada sub komponen: 1) Kurikulum, pada kolom kegiatan di RPPH narasinya masih ambigu; 2) guru, memberikan contoh gambar terlebih dahulu di papan tulis; 3) anak, beberapa anak masih ada yang belum mau menggambar seperti contoh; 4) strategi, guru meminta anak-anak untuk menggambar sesuai dengan tema hari itu; 5) materi, memuat isi mengenal aktivitas seni yang diwujudkan dengan kegiatan menggambar; 6) media,buku tulis/buku gambar; dan 7) evaluasi, dilakukan pada setiap akhir kegiatan menggambar.

 

Kata kunci: kreativitas, menggambar, anak.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.