PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN KOLASE PADA ANAK KELOMPOK B DI TK PKK KARTINI PADOKAN KIDUL TIRTONIRMOLO KASIHAN BANTUL

Pramesti Sayekti Prihatin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus pada anak kelompok B melalui kegiatan kolase di TK PKK Kartini Padokan Kidul, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kolaboratif partisipatif dengan menggunakan modifikasi model penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek pada penelitian ini adalah 10 anak kelompok B TK PKK Kartini Padokan Kidul. Objek penelitian ini yaitu keterampilan motorik halus melalui kegiatan kolase. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan motorik halus anak kelompok B di TK PKK Kartini Padokan Kidul dapat ditingkatkan melalui kegiatan kolase. Kegiatan kolase yang dilakukan yaitu (1) anak dikenalkan pada bahan yang akan digunakan untuk membuat kolase (2) anak mengambil lem dan mengoleskan lem pada pola gambar (3) anak mengambil bahan kolase yang sudah dipersiapkan dan menempelkan bahan kolase pada pola gambar yang sudah diberi lem. Peningkatan keterampilan motorik halus dapat dilihat pada saat sebelum tindakan diperoleh 20% atau 2 anak dari 10 anak berada pada kriteria baik, pada siklus I diperoleh 70% atau 7 anak dari 10 anak berada pada kriteria baik, dan pada siklus II diperoleh 90% atau 9 anak dari 10 anak berada pada kriteria baik.

Kata kunci: keterampilan motorik halus, kegiatan kolase


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.