PELAKSANAAN PENANAMAN NILAI-NILAI AKHLAK KELOMPOK 5-6 TAHUN DI PAUD KARIMA SALAMA POTROJAYAN

Titin Nurhidayah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih mendalam pelaksanaan penanaman nilai-nilai akhlak kelompok 5-6 tahun di PAUD Karima Salama Potrojayan. Hal yang terpenting penanaman nilai-nilai akhlak  adalah kemampuan menginternalisasikan berbagai nilai-nilai akhlak untuk membentuk pribadi anak yang agamis. Subyek penelitian meliputi 2 orang guru kelas, 44 anak kelompok B anak dan 1 kepala sekolah, sedangkan objek penelitian ini adalah pelaksanaan penanaman nilai-nilai akhlak kelompok 5-6 tahun di PAUD Karima Salama Potrojayan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data-data penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumen. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan model analisis interaktif. Data-data hasil penelitian diuji kembali keabsahannya dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai akhlak yang ditanamkan di PAUD Karima Salama terdapat tiga nilai akhlak yaitu akhlak terhadap Allah, akhlak terhadap sesama manusia dan akhlak terhadap lingkungan. proses pelaksanaan penanaman nilai-nilai akhlak dengan pembiasaan dan bercerita. Sedangkan faktor pendukung lingkungan meliputi orang tua, sekolah, masyarakat, pendidik yang profesional, media pembelajaran dan sarana prasarana sekolah, serta faktor penghambat yaitu masalah waktu pelaksanaan pembelajaran, kurangnya kesadaran orang tua dalam mengulang kembali pembelajaran di rumah.

 

Kata kunci: penanaman, anak usia dini, nilai-nilai akhlak


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.