PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK MELALUI METODE PROYEK PADA ANAK KELOMPOK A TK KEMALA BHAYANGKARI 07 BANTUL

Luvi Amrita Rahmadiani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan keterampilan sosial anak melalui metode proyek di kelompok A TK Kemala Bhayangkari 07 Bantul.         Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilakukan di Kelompok A TK Kemala Bhayangkari 07 Bantul. Subjek penelitian dari 9 anak laki-laki dan 8 anak perempuan.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi.Teknik analisis data mengggunakan deskripsif kuantitatif dan kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan sosial anak dapat meningkat melalui metode proyek, yang dilakukan melalui langkah-langkah 1) memberi penjelasan kegiatan yang akan dilakukan, 2) membagi anak dalam kelompok kecil, 3) memberi contoh cara membuat replika, 4) mengarahkan anak dalam pembuatan replika, 5) anak menampilkan hasil karyanya di depan kelas, 6) pemberian reward. Peningkatan dapat dilihat dari Pra tindakan anak yang telah mencapai kriteria berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik sebesar 23,53 %, meningkat pada Siklus I menjadi 64,71 %, dan meningkat menjadi 82,36 %, pada Siklus II.

 

Kata Kunci: keterampilan sosial, metode proyek, anak

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.