PELAKSANAAN PENGENALAN BUDAYA JAWA PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK ANANDA CERIA YOGYAKARTA

Laras Wulan Pratiwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pengenalan budaya Jawa dari aspek perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi di TK Ananda Ceria, Yogyakarta. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif. Subjek penelitian ini meliputi guru kelas, kepala sekolah, anak kelompok A dan B. Objek penelitian ini adalah metode pengenalan budaya Jawa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan; (1) perencanaan dilakukan oleh tim penyusun kurikulum yang terdiri dari tiga orang guru dengan dilakukan melalui diskusi bersama dengan tim penyusun dan disusun menjadi RPPM dan RPPH, (2) pelaksanaan pengenalan budaya Jawa di fokuskan setiap hari Jumat dan Sabtu dengan menggunakan tiga kegiatan yaitu pembuka, inti dan penutup. (3) penilaian dilaksanakan secara harian, penilaian mingguan dilaksanakan menggunakan buku komunikasi dan catatan anekdot.Penilaian harian dan mingguan menggunakan ceklist dan penilaian semester berupa rapot yang dilaporkan dalam bentuk deskripsi.

Kata kunci: anak usia dini, budaya jawa


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.