PENINGKATAN KECERDASAN INTERPERSONAL MELALUI PERMAINAN BINTANG BERALIH PADA ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK

Mariyah Ulfah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal anak melalui permainan bintang beralih di kelompok B TK ABA Dukuh Yogyakarta. Permainan bintang beralih dipilih karena dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal yaitu membuat anak bermain dengan teman sebaya, bekerjasama dengan teman sebaya, mengetahui dan merespon secara wajar perasaan temannya, dan menggunakan cara yang diterima secara sosial dalam menyelesaikan masalah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan me

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal anak melalui permainan bintang beralih di kelompok B TK ABA Dukuh Yogyakarta. Permainan bintang beralih dipilih karena dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal yaitu membuat anak bermain dengan teman sebaya, bekerjasama dengan teman sebaya, mengetahui dan merespon secara wajar perasaan temannya, dan menggunakan cara yang diterima secara sosial dalam menyelesaikan masalah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian berjumlah 12 anak kelompok B. Metode pengumpulan data dengan observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan interpersonal anak meningkat melalui permainan bintang beralih, yang dilakukan dengan langkah-langkah 1) guru membuat gambar lapangan permainan bintang beralih, 2) guru menjelaskan cara bermain permainan bintang beralih, 3) anak membentuk kelompok, 4) anak diberi kesempatan untuk bermain permainan bintang beralih, 5) evaluasi dan pemberian hadiah. Peningkatan dapat dilihat dari anak yang berada pada kriteria berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik pada pra tindakan sebesar 33,33%, meningkat pada Siklus I menjadi 66,66% dan meningkat menjadi 83,33% pada Siklus II.

Kata kunci: kecerdasan interpersonal, permainan bintang beralih.

nggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian berjumlah 12 anak kelompok B. Metode pengumpulan data dengan observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan interpersonal anak meningkat melalui permainan bintang beralih, yang dilakukan dengan langkah-langkah 1) guru membuat gambar lapangan permainan bintang beralih, 2) guru menjelaskan cara bermain permainan bintang beralih, 3) anak membentuk kelompok, 4) anak diberi kesempatan untuk bermain permainan bintang beralih, 5) evaluasi dan pemberian hadiah. Peningkatan dapat dilihat dari anak yang berada pada kriteria berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik pada pra tindakan sebesar 33,33%, meningkat pada Siklus I menjadi 66,66% dan meningkat menjadi 83,33% pada Siklus II.

Kata kunci: kecerdasan interpersonal, permainan bintang beralih.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.