PENINGKATAN KEMAMPUAN MELUKIS MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING DI TAMAN KANAK-KANAK KELOMPOK B

Bina Fitriah Ardiansari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan melukis melalui kegiatan finger painting di Kelompok B2 TK ABA Jogomangsan, Berbah, Sleman, Yogyakarta. Jenis penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas kolaborasi antara peneliti dan guru. Penelitian yang dilakukan ini mengacu pada model penelitian Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah 12 anak di Kelompok B2 TK ABA Jogomangsan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dengan lembar checklist. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif teknik persentase. Penelitian ini dikatakan berhasil jika 80% dari jumlah anak mencapai kriteria berkembang sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan melukis di Kelompok B2 TK ABA Jogomangsan. Pada pra tindakan kemampuan melukis awal yang masuk dalam kriteria berkembang sangat baik ada sebanyak 0% atau dapat dikatakan bahwa pada pra tindakan tidak ada anak yang masuk dalam kriteria berkembang sangat baik. Pada Siklus I meningkat menjadi 8,33% atau sebanyak 1 anak masuk dalam kriteria berkembang sangat baik. Pada Siklus II meningkat menjadi 100% atau sebanyak 12 anak masuk dalam kriteria berkembang sangat baik. Hasil penelitian membuktikan bahwa kemampuan melukis anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan finger painting.

Kata Kunci: kemampuan melukis, finger painitng, Kelompok B.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.