EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY DALAM PENGENALAN SAINS SEDERHANA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PKK 46 UNAS MEKAR YOGYAKARTA

Whennayu Milla Astiningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran sains dengan model Guided Discovery terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK PKK 46 Tunas Mekar Yogyakarta. Penelitiann ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dan desain Nonequivalent Control Group. Pengumpulan data menggunakan tes lisan dan lembar observasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dan di uji dengan statistik uji-t. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan dari pembelajaran sains dengan model Guided Discovery terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK PKK 46 Tunas Mekar Yogyakarta. Hal tersebut dibuktikan dengan uji  paired sample t-test pada kelas eksperimen dan kontrol, diperoleh nilai Signifikansi pada kelompok eksperimen 0,000, sedangkan kelompok kontrol 0,196. Yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan perkembangan kognitif dalam pembelajaran sains dengan menggunakan model Guided Discovery. Selain uji paired sample t-test peneliti juga menggunakan uji independent sample t-test dengan nilai signifikansi Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 artinya terdapat perbedaan skor yang signifikan perkembangan kognitif anak dalam pembelajaran sains yang menggunakan model Guided Discovery dan tidak melakukan pembelajaran sains dengan model Guided Discovery.  

Kata Kunci: model guided discovery, perkembangan kognitif,  pembelajaran sains.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.