PENINGKATAN PERILAKU DISIPLIN MELALUI KEGIATAN BERCERITA PADA ANAK KELOMPOK A TK ABA JOGOMANGSAN

Fatimah Noor Isnaini

Abstract


Penelitian ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan perilaku disiplin anak melalui kegiatan bercerita pada anak kelompok A TK ABA Jogomangsan, Rejosari, Jogotirto, Berbah, Sleman, Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah seluruh anak TK A yang berjumlah 18 anak. Desain penelitian ini menggunakan desain PTK Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, danĀ  refleksi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa melalui kegiatan bercerita dapat meningkatkan perilaku disiplin anak kelompok A TK ABA Jogomangsan, Rejosari, Jogotirto, Berbah, Sleman, Yogyakarta. Hasil penelitian perilaku disiplin anak TK A pada pra tindakan menunjukkan persentase rata-rata perilaku disiplin anak sejumlah 39%. Kemudian pada Siklus I menggunakan kegiatan bercerita perilaku disiplin anak meningkat menjadi 57%, karena belum sesuai dengan indikator yang diharapkan maka peneliti melakukan tindakan Siklus II. Hasil penelitian Siklus II rata-rata perilaku disiplin anak kelompok A meningkat menjadi 80%.

Kata kunci: disiplin, bercerita


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.