MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENGGULUNG KERTAS KOKORU PADA KELOMPOK B5

Lestari Widaningtyas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan menggulung kertas kokoru pada kelompok B5 TK Negeri Pembina Wates. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum sesuainya keterampilan motorik halus anak dengan perkembangan usia anak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan menggunakan model penelitian dari Kemmis dan Taggart. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yaitu 80% dari jumlah keseluruhan anak (12 anak) memperoleh skor ≥76% atau berada pada kriteria BSB. Keterampilan motorik halus meningkat melalui kegiatan menggulung kertas kokoru. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari indikator kelenturan dari 58,92% pada Siklus I meningkat menjadi 94,64%, pada Siklus II, indikator koordinasi mata dan tangan dari 57,58% pada Siklus I menjadi 84,37% pada Siklus II, indikator ketepatan dari 44,19% pada Siklus I menjadi 73,21% pada Siklus II, indikator kerapian dari 48,21% pada Siklus I menjadi 75,89% pada Siklus II, dan indikator ketekunan dari 55,35% pada siklus menjadi 83,48 pada Siklus II. 

Kata Kunci: motorik halus, menggulung kertas kokoru, anak kelompok B5


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.