MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE BERCERITA DENGAN BONEKA TANGAN KELOMPOK A TK KUNCUP MELATI

Vitri Sejati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui metode bercerita disertai media boneka tangan di Kelompok A TK Kuncup Melati. Penelitian ini dilakukan karena terdapat permasalahan dalam perkembangan kemampuan berbicara pada kelompok A yaitu keterampilan berbicara anak belum lancar, penempatan jeda saat berbicara, pemilihan kata belum sesuai dan sasaran pembicaraan anak belum tepat. Metode yang digunakan yaitu metode bercerita disertai media boneka tangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila telah mencapai 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berbicara pada anak-anak di kelompok A TK Kuncup Melati. Hal ini dibuktikan dengan adanya hasil observasi kemampuan berbicara anak pada pratindakan yaitu 25%, kemudian meningkat menjadi 50% pada Siklus I dan pada Siklus II meningkat menjadi 83,3%. Peningkatan itu terjadi karena metode bercerita disertai media boneka tangan lebih menarik dan membuat anak berperan aktif dalam pembelajaran sehingga kemampuan berbicara anak dapat meningkat.

Kata kunci: kemampuan berbicara, bercerita, boneka tangan, kelompok A.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.