PERBEDAAN PENGARUH COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN DISKUSI KONVENSIONAL TERHADAP HIGH ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PESERTA DIDIK SMAN 2 YOGYAKARTA PADA MATA PELAJARAN FISIKA THE DIFFERENCE INFLUENCES OF COOPERATIVE LEARNING NUMBERED HEADS TOGETHER TYPE WITH CONVENTIONAL DISCUSSION TOWARD HIGH ORDER THINKING SKILLS (HOTS) AT SMAN 2 YOGYAKARTA STUDENTS OF PHYSICS SUBJECT MATTER

Tyas Endah Anggraeni Tyas Endah Anggraeni

Abstract


Intisari-Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui perbedaan kemampuan berpikir tingkat tnggi peserta didik yang mengikuti pembelajaran fisika melalui Cooperative Learning tipe NHT dan pembelajaran diskusi konvensional, dan (2) Mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik yang mengikuti pembelajaran fisika melalui Cooperative Learning tipe NHT dan pembelajaran diskusi konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah peserta didik X-MIA semester 1 SMAN 2 Yogyakarta, tahun ajaran 2015/2016. Sebagai sampelnya adalah peserta didik kelas X kelas MIA-5 sejumlah 30 peserta didik sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe NHT dan peserta didik kelas X MIA-3 sejumlah 30 peserta didik sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran diskusi konvensional. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling yaitu memilih secara acak dua kelas dari 8 kelas yang telah homogen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pretest, kemudian melakukan pembelajaran dan diikuti dengan observasi keterlaksanaan pembelajaraan. Setelah selesai mengikuti pembelajaran peserta didik diberi posttest. Metode pengujian hipotesis yang digunakan adalah independent sample t-test dengan program SPSS 16. pada taraf signifikansi 5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan yang diginifikan antara kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik yang mengikuti pembelajaran NHT dan pembelajaran diskusi konvensional dengan signifikansi 0,003. (2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik yang mengikuti pembelajaran NHT dan pembelajaran diskusi konvensional dengan signifikansi 0,000. Kata Kunci: NHT, diskusi konvensional, kemampuan berpikir tingkat tinggi. Abstract-This research is aimed to know (1) the difference of high order thinking skill of students involved at physics learning through cooperative learning NHT type with conventional discussion. (2) the difference of high order thinking skill increasing of students involved at physics learning through cooperative learning NHT type with conventional discussion. This research use quasi experimental design. The population of this research are student of SMAN 2 Yogyakarta in grade X. We use cluster random sampling to take the sample, consisting of 30 students in X IPA 2 as experiment class with Cooperative Learning NHT type and X IPA 5 as control class with conventional discussion learning. The technique to collect data use pretest, and then did learning followed by learning observation.we given the posttest in the end. The method to examine the hyphotesis use independent sample t-test by SPSS 16. program, at 5% significance. The result of this research shown that (1) There are significance difference of high order thinking skill between students involved cooperative learning NHT type with conventional discussion learning, with the value of significance is 0.003. (2) There are significance difference of increasing high order thinking skill between students involved cooperative learning NHT type with conventional discussion learning, with the value of significance is 0.000. Keyword: NHT, conventional discussion, and high order thinking skills.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Pend. Fisika - S1



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.