PERBANDINGAN KUALITAS BSE DAN NON-BSE PADA MATA PELAJARAN FISIKA SMA KELAS X: TELAAH MENGGUNAKAN INSTRUMEN STRS QUALITY COMPARISON OF ESB AND NON-ESB PHYSICS: USING STRS INSTRUMENT

septiana karumaningrum, zuhdan kun prasetyo

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbandingan kualitas antara BSE dan non-BSE Fisika SMA Kelas X berdasarkan kriteria yang diambil dari Science Textbook Rating System (STRS) khususnya aspek pemahaman konsep dan prinsip, aspek bantuan pembelajaran di setiap akhir bab serta aspek kegiatan laboratorium dan petunjuk laboratorium. Penelitian ini merupakan penelitian content analysis yang bersifat kuantitatif dan diungkap secara komparatif yaitu dengan melakukan judgement terhadap BSE dan non-BSE Mata Pelajaran Fisika SMA Kelas X berdasarkan instrumen pada STRS karya Collette, T Alfred & Chiappetta L. Collette. Berdasarkan hasil analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat buku yang diteliti memiliki perbedaan kualitas yang tidak signifikan. Hal tersebut terlihat dari hasil uji chi kuadrat hitung untuk setiap aspek lebih kecil dari hasil uji chi kuadrat pada tabel () yang tidak signifikan.
Kata kunci: perbandingan, BSE, non-BSE
Abstract
This study aims to describe the quality comparison between ESB and non-ESB of Physics in X grade of Senior High School based on the taken criteria from Science Textbook Rating System (STRS) especially the aspect of conceptual and principal understanding, the aspect of learning aid in each of chapter, and the aspect of laboratory activity and guidance. This study is a content analysis research which is quantitative and expressed comparatively that is by doing judgment toward ESB and non-ESB of Physics in X grade of Senior High School based on the instrument on STRS by Collette, T Alfred & Chiappetta L, Collette. According to the result of data analysis, the study result shows that the four books which are analyzed have insignificant different in quality. It is shown from the result of the chi square test for every smaller aspect than the result of chi square test on the insignificant table.
Keywords: comparison, ESB, non-ESB
I. PENDAHULUAN

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-Journal Pendidikan Fisika



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.