PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X SMA DEVELOPING OF PHYSICS LEARNING KITS BASED ON THINK PAIR SHARE (TPS) TO IMPROVE CRITICAL THINKING OF TENTH GRADE SENIOR HIGH SCHOOL STUDENT

rina rohyatun, juli astono

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran dengan model think-pair-share yang layak untuk diterapkan dalam pembelajaran pokok bahasan Momentum-Impuls, dan (2) mengetahui ada atau tidaknya peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan perangkat pembelajaran dalam setting think-pair-share. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 3 SMA N 1 Pengasih. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data kelayakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu: 1) lembar penilaian RPP dan LKPD untuk mengukur kelayakan, 2) angket respon peserta didik dan guru serta lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran untuk mengukur kepraktisan, 3) soal kemampuan berpikir kritis untuk mengukur keefektifan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) perangkat pembelajaran dengan model Think Pair Share (TPS) layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan memenuhi aspek kelayakan, kepraktisan, dan keefektivan. Aspek kelayakan ditunjukkan dari perolehan hasil penilaian perangkat pembelajaran yang masuk dalam klasifikasi sangat baik. Aspek kepraktisan yang diperoleh dari respon peserta didik masuk klasifikasi baik, respon guru masuk klasifikasi sangat baik, dan persentase keterlaksanaan proses pembelajaran menunjukkan hasil yang sangat baik. Aspek keefektifan ditunjukkan dari nilai standardgain dari masing-masing aspek keterampilan berpikir kritis yang diperoleh dari hasil pretest-posstest peserta didik yaitu lebih dari nilai acuan 0,30 dan keempat aspek tersebut masuk klasifikasi sedang. (2) Keterampilan berpikir kritis peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran dengan model Think Pair Share (TPS) meningkat dengan kategori sedang.
Kata kunci: Perangkat Pembelajaran, Think-Pair Share, Keterampilan Berpikir Kritis
ABSTRACT
This study aims to (1) develop feasible learning kits which is made based on Think-Pair-Share Model to teach Momentum and Impuls and (2) to know whether there is any significant difference in students‟ critical thinking after applying the kits. The learning kits were developed based on ADDIE Model that consists of Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The subjects of the study were X grade students of Science 3 Class at SMA N 1 Pengasih. The instruments used in this study were: 1) assesment instruments to test its advisability, 2) questionnaires and observation cheklists to test the practicality, and 3) comprehension questions to test the effectivity. The findings showed that the learning kits meet the aspects of advisability, practicality, and effectivityby getting “very good” criterion from the teacher and “good” criterion from the students for its advisability and it also got “very good” criterion for its practicality while its effectivity got “average” criterion. These indicated that (1) the learning kits with think-pair-share model are feasible to be used to teach Momentum and Impuls. (2) students‟ critical thinking was proven to be improved after using the learning kits by getting “average” criterion.
Keywords : learning kits, think-pair-share, critical thinking skill

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-Journal Pendidikan Fisika



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.