PERBEDAAN PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DAN MODEL DIRECT INSTRUCTIONTERHADAP HIGH ORDER THINGKING SISWA MAN YOGYAKARTA 3PADA MATA PELAJARAN FISIKA THE DIFFERENCE OF COOPERATIVE LEARNING WITH JIGSAW TYPE AND DIRECT INSTRUCTION MODEL TO INCREASE HIGH ORDER THINKING OF STUDENT AT MAN YOGYAKARTA 3 IN SUBJECT MATTER PHYSISC

atika maysaroh atika maysaroh, Suyoso Suyoso

Abstract


Intisari-Penelitian ini bertujuan untuk (1)mengetahui perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dengan menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw dan direct instruction, (2) mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dengan menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw dan direct instruction. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen, yang menggunakan model cooperative learning dan direct instruction. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN Yogyakarta III pada tahun ajaran 2014/2015, teknik pengambilan sampel adalah perposive sampling. Terdapat dua kelas yang digunakan untuk sampel yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen untuk model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan XI IPA 4 sebagai kelas kontrol dengan model direct instruction. Instrumen pretest digunakan untuk mengetahui kemmpuan awal siswa sedangkan instrumen posttest untuk mengetahui kemampuan akhir. Data yang sudah diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji t pada progam SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan model direct instruction. Siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw mempunyai kemampuan berpikir tingkat tinggi lebihbesar dibanding siswa yang menggunakan direct instruction. (2) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan model direct instruction. Siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw mempunyai peningkatan HOT pada kategori sedang. Siswa yang menggunakan direct instruction dengan kelompok biasa mempunyai peningkatan HOT pada kategori rendah. Kata kunci : berpikir tingkat tinggi, cooperative learning, jigsaw Abstract-This research purposes to know (1) the difference of high order thinking skill through cooperative learning model with type Jigsaw with direct instruction, (2) the difference of increses of high order thinking skill through cooperative learning model with type Jigsaw and direct instruction. This research is quasi exepriment, were used cooperative learning and direct instructional model. The population of this research are student of MAN Yogyakarta III in XI grade in 2014/2015 school year, this research use purposive sampling. The sample of this reserach are XI IPA 3 as experiment class with cooperative learning type jigsaw and XI IPA 4 as control class with direct instructional. Data of pretest used as initial ability and postest data used as final ability. Data was analyzed by SPSS 16.0 program. The result of research shown that (1) there a difference of high order thinking skill of student between cooperative learning type Jigsaw with direct instructional model. (2) There are the difference of increase of High order thinking of students with cooperative learning with type Jigsaw and direct instructional. Students with cooperative learning with Jigsaw type have a high order thinking skills at middle category. Students with direct instructional model have a high order thinkng skill at low category.
Key words: high order thinking, cooperative learning, jigsaw

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Pend. Fisika - S1



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.