PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PRAKTIKUM HUKUM BOYLE DAN HUKUM GAY LUSSAC BERBASIS MEDIA AUDIO VISUALUNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN MENGGUNAKAN ALAT UKURDAN HASIL BELAJAR FISIKA KELAS XI DEVELOPMENT OF STUDENTS WORKSHEET (LKPD) OF PRACTICUM BOYLE’S LAW AND GAY-LUSSAC'S LAW BASED AUDIO VISUAL MEDIA TO IMPROVE SKILLS USING A MEASURING INSTRUMENT AND LEARNING OUTCOMES PHYSICS CLASS XI

Rizky Yuni Lestari, Yusman Wiyatmo

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan (1) menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) praktikum berbasis Media Audio Visual (MAV) untuk meningkatkan keterampilan menggunakan alat ukur dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fisika SMA Kelas XI, (2) mengetahui peningkatan keterampilan menggunakan alat ukur peserta didik dengan menggunakan LKPD praktikum berbasis MAV, dan  (3) mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan LKPD praktikum berbasis MAV.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4-D. Hasil menunjukkan bahwa : (1) LKPD Praktikum berbasis MAV yang layak digunakan ditinjau dari nilai Content Validity Indeks 0,9 (sangat baik),nilai reliabilitasnya sebesar 95,5% (reliabel), nilai simpangan baku dari respon peserta didik dari sebesar 3 (sangat tinggi). (2) peningkatan keterampilan menggunakan alat ukur peserta didik dilihat dari nilai simpangan bakupertemuan pertama sebesar 2,46(rendah) dan pertemuan kedua sebesar3,36(sangat tinggi). (3) peningkatan hasil belajar ranah kognitif peserta didik ditunjukan oleh nilai gain <g>sebesar 0,6 (sedang).

 

Kata Kunci : LKPD Praktikum, Media Audio Visual, hasil belajar kognitif, keterampilan penggunakan alat ukur,  dan  Persamaan Keadaan Gas Ideal.

 

Abstract

This study aims to (1) produce an Worksheet Students (LKPD) of practicum based Media Audio Visual (MAV) to improve the skills of using a measuring instrument and learning outcomes of students in High School Class XI, (2) to increase the skills using a measuring instrument learners using LKPD of practicum based MAV, and (3) determine the increase in the study of students by using LKPD of practicum based MAV. This study is a research & development (R & D) with 4-D models. The results showed that: (1) the LKPD of practicum based MAV used in terms of value Content Validity Indeks0.9 (very good), the reliability value of 95.5% (reliable),  response from students of 3 (very high). (2) increasing skills using a measuring instrument learners views of the average value of the first meeting of 2.46 (low) and the second meeting of 3,36 (very high). (3) improvement of cognitive learning outcomes learners gain value indicated by <g> was 0.6 (moderate).

 

Keywords: LKPD Practicum, Audio Visual Media, the cognitive learning, skills the use of measuring

 instruments, and Ideal Gas Equation


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-Journal Pendidikan Fisika



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.