PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

Fadhila Kusuma Hati, Universitas Negeri Yogyakarta
Bayu Setiaji, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul fisika model PBL berbantuan google sites yang layak digunakan untuk pembelajaran, mengetahui peningkatan kemandirian belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah menggunakan e-modul fisika model PBL berbantuan google sites, dan mengetahui keefektifan e-modul fisika model PBL berbantuan google sites. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan model 4D yang meliputi 4 tahap, yaitu tahap define, design, develop, dan disseminate. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, angket respon peserta didik, angket kemandirian belajar, serta soal pretest-postest. Data kemudian dianalisis menggunakan SBI, V Aiken, SPSS, dan standar gain untuk mengetahui peningkatan kemandirian belajar dan kemampuan berpikir kritis, serta uji manova dan effect size untuk mengetahui kefektivitasan e-modul yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan e-modul fisika model PBL berbantuan google sites pada pembelajaran gerak harmonik sederhana layak digunakan untuk meningkatkan kemandirian belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik, terdapat peningkatan kemandirian belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang berada dalam kategori sedang, serta e-modul fisika model PBL berbantuan google sites efektif digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemandirian belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan kategori besar.

Keywords


e-modul fisika, PBL, google sites, kemandirian belajar, dan kemampuan berpikir kritis

Full Text:

PDF

References


Agustina, H., A, S., Susilawati, S., & Gunada, I. W. (2022). Pengaruh Penggunaan Modul Fisika Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3). https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.742

Arini, W., Juliadi STKIP PGRI Lubuklinggau, F., Mayor Toha Kel Air Kuti Kota Lubuklinggau, J., & Selatan, S. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN FISIKA UNTUK POKOK BAHASAN VEKTOR SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 LUBUKLINGGAU, SUMATERA SELATAN. In Berkala Fisika Indonesia. Vol.10.

Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1). https://doi.org/10.21009/1.03108

Athariq, M., & Jintar, T. (2018). Hubungan Lingkungan dan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Gambar Teknik Dasar Siswa Kelas X SMK Negeri Se-Kota Madya Medan. Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan dan Sipil, 4(2), 1-7.

Gumay, O. P. utami. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Fisika Siswa SMA. SILAMPARI JURNAL PENDIDIKAN ILMU FISIKA, 4(1). https://doi.org/10.31540/sjpif.v4i1.1541

Hasnan, S. M., Rusdinal, R., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning dan Motivasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2). https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.318

Hudha, M. N., Aji, S., & Rismawati, A. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. SEJ (Science Education Journal), 1(1). https://doi.org/10.21070/sej.v1i1.830

Ismawati, I., Mutia, N., Fitriani, N., & Masturoh, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web Menggunakan Google Sites Pada Materi Gelombang Bunyi. Schrodinger Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 2(2). https://doi.org/10.30998/sch.v2i2.4348

Nurhayati, V. (2017). Penerapan Laboratorium Virtual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Konsep Sistem Eksresi. FKIP UNPAS.

Priyadi, R., Mustajab, A., Tatsar, M. Z., & Kusairi, S. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMA kelas X MIPA dalam pembelajaran fisika. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 6(1), 53-55.

Purwanto, J. P. (2016). Profil Pembelajaran Fisika dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Aliyah se-DIY. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(1), 8-18.

Sanita, N., Elisa, & Susanna. (2021). Hubungan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Fisika di SMAN 1 Syamtalira Bayu. Serambi Akademica: Jurnal Pendidikan, Sains, Dan Humaniora, 9(6).

Sevtia, A. F., Taufik, M., & Doyan, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Google Sites untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Konsep dan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3). https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.743

Shabrina (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis WEB Enchanced Course dengan Model Inkuiri Terbimbing. Indonesia Journal of Science and Mathematics Education. 2(1). (15-16).

Syahputra, E. (2018). PEMBELAJARAN ABAD 21 DAN PENERAPANNYA DI INDONESIA. https://www.researchgate.net/publication/331638425

Tumanggor, M. (2021). Berfikir kritis: Cara jitu menghadapi tantangan pembelajaran abad 21. Gracias Logis Kreatif.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v11i1.20519

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.