EKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS SOFTWARE ARTICULATE STORYLINE 3 GUNA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK SMA

Nur Azmi Safitri, Universitas Negeri Yogyakarta
Sukardiyono - Sukardiyono, Universitas Negari Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui besar peningkatan motivasi belajar, (2) peningkatan pemahaman konsep, serta (3) efektifitas media pembelajaran fisika berbasis software articulate storyline 3 guna meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep peserta didik SMA dalam mempelajari materi fisika elastisitas dan hukum hooke dibandingkan dengan media pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental dengan menggunakan desain pretest posttest kontrol group. Data penelitian yang diperoleh dianalisis menggunakan uji MANOVA, N-Gain dan Cohen’s d Effect Size. Hasil penelitian Mengen ai pembelajaran materi elastisitas dan hukum hooke menggunakan media pembelajaran fisika berbasis software articulate storyline 3 menunjukkan bahwa: (1) peningkatan motivasi belajar berdasarkan perolehan nilai gain yaitu sebesar 0,318 yang berada dalam kategori peningkatan sedang, sedangkan (2) peningkatan pemahaman konsep berdasarkan perolehan nilai gain yaitu sebesar 0,656 yang berada dalam kategori peningkatan sedang. (3) Adapun keefektifan media pembelajaran fisika berbasis software articulate storyline 3 tersebut ditunjukkan oleh nilai effect size pemahaman konsep sebesar 0,461 yang berada dalam kategori keefektifan kecil dan nilai effect size motivasi belajar sebesar 0,673 yang berada dalam kategori keefektifan sedang.


Keywords


Media pembelajaran, articulate storyline, motivasi belajar, pemahaman konsep

Full Text:

PDF

References


Ady, W. N. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa SMA terhadap Mata Pelajaran Fisika pada Materi Gerak Lurus Beraturan. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 2(1), 104.

Andriani, N. L. Y., Darsikin, dan A. Hatibe. (2016). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal gerak lurus. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako, 4(3): 36-41.

Astalini, A., & Kurniawan, D. A. (2019). Pengembangan Instrumen Sikap Siswa Sekolah Menengah Pertama Terhadap Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 7(1).

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida J. 5(2): 172

Fajarwati, A.A., Nugraheni, P., & Purwaningsih, W. I. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Kontekstual Menggunakan Articulate Storyline 3 Pada Materi Pola Bilangan Untuk Membantu Pemahaman Konsep. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 254-266.

Fatia, I., & Yetti, A. (2020). Pengembangan Media Articulate Storyline 3 pada Pembelajaran Faktor dan Kelipatan Suatu Bilangan di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal of Basic Education Studies, 3(2), 503-511.

Hafiedz, R., & Nurhamidah, D. (2023). Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline Terhadap Motivasi Belajar Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 54-64.

Magahantara, G. S. (2017). Pengaruh Teknologi Terhadap Pendidikan di Abad 21. Yogyakarta: Academia.edu.

Margono. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurmala, S., Triwoelandari, R., & Fahri, M. (2021). Pengembangan Media Articulate Storyline 3 pada Pembelajaran IPA Berbasis STEM untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa SD/MI. Jurnal Basicedu, 5(6), 5024-5034.

Sari, D. M., Surantoro, & E. Y. Ekawati. (2013). Analisis Kesalahan dalam Penyelesaikan Soal Termodinamika Pada Siswa SMA. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika. 3(1): 5-8.

Shidik, M.A., (2020). Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik MAN Baraka. Jurnal Kumparan Fisika, 3(2), 91-98.

Sumintono, B., & Wadhiarso, W. (2015). Aplikasi Pemodelan Rasch Pada Assesment Pendidikan. Cimahi: Penerbit Trim Komunitas.

Suprijono, Agus. (2013). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Taiyeb, A.M., & Mukhlisa, N. (2015). Hubungan Gaya Belajar dan Motivasi Belajar dengann Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tanete Rilau. Bionature, 16 (1).

Trianggono, M. M. (2017). Analisis Kausalitas Pemahaman Konsep dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JKFK), 3(1), 1-12.

Wati, M. Y., Maulidia, I. A., Irnawat, I., & Supeno, S. (2019). Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas VII SMPN 2 Jember dalam Pembelajaran IPA Dengan Model Problem Based Learning pada Materi Kalor Dan Perubahannya. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(4).

Yahya, R., Ummah, S. K., & Effendi, M. M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Flipped Classroom. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 78-91.

Yektyastuti, R., & Ihsan, J. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Kelarutan Untuk Meningkatkan Peforma Akademik Siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. 2(1), 88.

Yusuf, M. (2017). Analisis Hubungan Motivasi Belajar dengan Pemahaman Konsep Gerak Lurus Mahasiswa Pendidikan Fisika. Jurnal Riset Pendidikan Fisika. 2(2), 49-5.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v11i1.20518

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.