EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN FISIKA PADA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DENGAN MODEL CSE-UCLA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Zulaifah Zulaifah, Yusman Wiyatmo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui hasil evaluasi System Assessment, Program Planning, Program Implementation, Program Improvemen, Program Certification pelaksanaan pembelajaran Fisika saat pandemi covid-19 di SMA/MA se-Kecamatan Bantul. Penelitian ini menggunakan model evaluasi CSE-UCLA atau model Alkin. Subyek penelitian ini adalah guru Fisika, kepala sekolah, dan peserta didik di SMA/MA se-Kecamatan Bantul. Hasil penelitian adalah : System Assessment dengan skor 3,41 pada kategori sangat baik, nilai T-score sebesar 59,44 pada kategori tinggi. Program Planing sebesar 3,33 pada kategori sangat baik, sedangkan nilai T-Score sebesar 56,44 pada kategori tinggi. Program Implementation sebesar 3,17 pada kategori baik, T-Score sebesar 50,45 pada kategori tinggi. Program Improvement sebesar 3,16 pada kategori baik, T-Score sebesar 50,07 pada kategori tinggi. Program Certification sebesar 2,72 dengan kategori baik, T-score sebesar 33,59 dengan kategori rendah.

Kata Kunci: Evaluasi; CSE-UCLA; Alkin; pembelajaran Fisika; pandemi covid-1


Full Text:

PDF

References


Adi Suryanto. 2014. Pengembangan Instrumen Evaluasi Program Tutorial Tatap Muka Universitas Terbuka. Laporan Penelitian. Semarang. Universitas Terbuka.

Agung Slamet Kusmanto, dkk. 2014. THE DEVELOPMENT OF EVALUATION PROGRAM MODEL GUIDANCE AND COUNSELING SERVICE BASED ON CSE-UCLA OF JUNIOR HIGH SCHOOL IN KUDUS. Journal of Eduucational Reaserch and Evaluation. Jere 3 (1) (2014)

Ahdar Djamaluddin dan Wardana. 2019. Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Yogyakarta : CV Kaaffah Learning Center.

Aip Saripudin. 2009. Praktis Belajar Fisika 2 untuk Kelas XI SMA/MA. Jakarta : Depdiknas.

Ashiong P. Munthe. 2015. Pentingnya Evaluasi Program di Institusi Pendidikan : Sebuah Pengantar, Pengertian, Tujuan, dan Manfaat. Tangerang :FIP Universitas Pelita Harapan

Bramianto Setiawan, dkk. PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19: PENGARUHNYA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA MAHASISWA. Jurnal Pendidikan Dasar. doi: doi.org/10.21009/JPD.011.23

Dadang Saepuloh. 2018. KESIAPAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013. Jurnal JIPIS. Vol. 27 Nomor 1 Tahun 2018.

Darodjat dan Wahyudiana M. 2015. MODEL EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN. Islamadina. Vol XIV Nomor 1 Tahun 2015.

Darso. 2011. KESIAPAN BELAJAR SISWA DAN INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR TERHADAP PRSTASI BELAJAR. Jurnal Invotec. Vol VII Nomor 2 Tahun 2011.

Dewa Gede Hendra Divayana. 2017. EVALUASI PEMANFAATAN E-LEARNING MENGGUNAKAN MODEL CSE-UCLA. Cakrawala Pendidikan Jurnal Ilmiah Pendidikan. doi : https://doi.org/10.21831/cp.v3612.12853

Elis Ratna Wulan dan H. A. Rusdiana, 2014. Evaluasi Pembelajaran dengan Pendekatan Kurikulum 2013. Bandung : Pustaka Setia.

Florentina Andriani, dkk. 2021. PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI 1 KUWUS GOLOWELU SELAMA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya. Vol 4 Nomor 2 Tahun 2021

Haryanto, 2020. Evaluasi Pembelajaran (Konsep dan Manajemen). Yogyakarta : UNY Press.

Jagad Aditya Dewantara dan T. Heru Nurgiansah. 2021. EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID 19 BAGI MAHASISWA UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA. Jurnal Basicedu. Vol 5 Nomor 1 Tahun 2021

Johar Permana. 2001. Pengelolaan Kelas dalam Rangka Proses Belajar Mengajar. Bandung

Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 719/P/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus. Diakses melalui gtk.kemdikbud.go.id

Luh Devi Herliandry, dkk. 2020. PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol 22 Nomor 1 Tahun 2020.

Mami Hajaroh. 2018. POHON TEORI EVALUASI KEBIJAKAN DAN POGRAM (METODE, NILAI DAN MENILAI, PENGGUNAAN). Fondasia Kajian Ilmiah Fondasi Pendidikan. Vol IX Nomor 1 Tahun 2018.

Matdio Siahaan. 2020. DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP DUNIA PENDIDIKAN. Jurnal Kajian Ilmiah.

Mundilarto. 2002. Kapita Selekta Pendidikan Fisika. Yogyakarta : FMIPA UNY.

Nurris S. P dan Edi Istiyono. 2015. STUDI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS HIGHER ORDER THINKING (HOTS) PADA KELAS X DI SMA NEGERI KOTA YOGYAKARTA. Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika (SNFPF). Vol 6 Nomor Tahun 2015.

P. Wayan A. S dan Putu Sukma K. 2018. PEMBERDAYAAN MODEL CSE-UCLA DALAM PELAKSANAAN EVALUASI PROGRAM BLENDED LEARNING DI SMA NEGERI 1 UBUD. Wacana Akademika. Vol 2 Nomor 2 Tahun 2018.

Randy R. Wrihatnolo. 2011 Strategi Evaluasi : Pilihan dan Pendekatan. Institute for Development and Policy Study.

Rizki Fajar Bagaskara. 2020. Analisis Dampak Covid-19 pada Pembelajaran Fisika Kelas XI di SMA Negeri Kota Tangerang Selatan. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah.

Rusman. 2019. Manajemen Pengelolaan Kelas (Pendekatan dan Prosedur). Surabaya : UMSurabaya Publishing.

Sabarudin. 2018. MATERI PEMBELAJARAN DALAM KURIKULUM 2013. Jurnal An-Nur. Vol 4 Nomor 01 Tahun 2018.

SKB 4 Menteri (KEMENRISTEKDIKTI, MENAG, MENKES, dan MENDAGRI) tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Diakses melalui covid19.go.id/p/regulasi/skb-4-menteri-tentang-panduan-penyelenggaraan-pembelajaran-di-masa-pandemi-corona-virus-disease-2019-covid-19

Tarsisius Sarkin. (____). Modul Pendidikan Profesi Guru Pembelajaran 1 Hakikat Ilmu Fisika.

Yuberti. 2014. Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar dalam Pendidikan. Bandar Lampung : Anugrah Utama Raharja (AURA).

Zaskia Oktaviana Sari, 2021. Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) saat Pandemi Covid-19 di SMP Negeri se-Kabupaten Purbalingga. Tesis. Yogyakarta. FIK UNY.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Fisika



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.