PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS EKSPLORASI-ELABORASI-KONFIRMASI BERBANTUAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI

Intan Rana Hidayah, Juli Astono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan LKPD berbasis EEK berbantuan video yang layak untuk meningkatkan minat belajar dan penguasaan materi Gelombang Bunyi peserta didik SMA; (2) mengetahui besar peningkatan minat belajar Gelombang Bunyi pada peserta didik SMA menggunakan LKPD berbasis EEK berbantuan video pembelajaran; dan (3) mengetahui besar peningkatan penguasaan materi Gelombang Bunyi peserta didik SMA menggunakan LKPD berbasis EEK berbantuan video pembelajaran. LKPD ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research & Development) model 4D. Pengambilan data penelitian ini dilakukan di SMA terhadap peserta didik kelas XI semester II. Terdapat 3 kelas untuk penelitian yaitu, kelas untuk uji terbatas dan uji luas yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Validasi dilakukan untuk menilai kelayakan produk LKPD yang dikembangkan. Kelayakan LKPD berbasis EEK berbantuan video pembelajaran dianalisis menggunakan skor SBi. Sedangkan, instrumen pengambilan data (minat belajar dan pretest-posttest) dianalisis dengan menggunakan CVR dan CVI. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Telah dihasilkan LKPD berbasis eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi berbantuan video pembelajaran yang layak digunakan untuk pembelajaran fisika materi gelombang bunyi untuk peserta didik SMA; (2) Peserta didik mengalami peningkatan minat belajar dengan kategori rendah; (3) Peserta didik mengalami peningkatan penguasaan materi dengan kategori sedang.

Kata kunci: LKPD, eksplorasi-elaborasi-konfirmasi, video pembelajaran, minat belajar, penguasaan materi.


Full Text:

PDF

References


Nurlita. C. dan Sukardiyono. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Eksplorasi, Elaborasi, Dan Konfirmasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Materi Fisika Pada Peserta Didik SMA. Jurnal Pendidikan Fisika. 612-621.

Choiriyati dan Umi. (2018). Upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam penguasaan materi pembelajaran persamaan dasar akuntansi dengan metode optimalisasi pembelajaran berjenjang pada siswa kelas XII IPS 1 SMAN 1 Pringgasela Semester Ganjil T.P 2017-2018. Journal Ilmiah Rinjani Universitas Gunung Rinjani, 6 (2), 189-200.

Putri, K., Djaja, S., Suyadi, B. (2017). Pengaruh minat belajar dan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Prajekan Kabupaten Bondowoso tahun ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(1), 67-74.

Undang-undang republik indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 4301.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Fisika



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.