KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE-PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KERJASAMA PESERTA DIDIK SMA

Annisa Naufallina, Jumadi Jumadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran Kooperatif-Problem Posing untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik. 2) Mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif problem Posing untuk meningkatkan Kerjasama peserta didik. 3) Mengetahui perbedaan keefektifan antara model pembelajaran kooperatif problem Posing dan model pembelajaran konvensional dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kerjasama pada peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan Control Group Pretest-Posttest Design yang dilaksanakan di SMA Negeri 7 Yogyakarta dengan populasi kelas XI IPA 1 hingga 6. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dan diperoleh kelas XI IPA 3 sebagai kelas control dan XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Instrument penelitian yang digunakan yaitu RPP, LKPD, soal tes, angket kerjasama, observasi sikap Kerjasama, observasi keterlaksanaan RPP, dan lembar validasi. Instrument sudah dinyatakan valid dan reliabel untuk dilakukan penelitian pada peserta didik yang kemudian dianalisis dengan uji Paired Sample T-Test dan uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif problem Posing efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. 2) Penerapan model pembelajaran kooperatif problem Posing efektif digunakan untuk meningkatkan kerjasama peserta didik. 3) Model pembelajaran kooperatif problem Posing lebih efektif diterapkan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kerjasama pada peserta didik daripada pembelajaran konvensional.

 

Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif-problem posing, kemampuan pemecahan masalah peserta didik, Kerjasama peserta didik.


Full Text:

PDF

References


Otang Kurniaman, Eddy Noviana. (2017). PENERAPAN KURIKULUM 2013 DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN, SIKAP, DAN PENGETAHUAN. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 389-396.

Rika Nurbadiah, Yennita, Fakhruddin. (2019). IMPLEMENTATION APPLICATION OF POST PROBLEM LEARNING MODEL TO INCREASE THE PHYSICS ABILITY OF CLASS X HIGH SCHOOL STUDENTS PROBLEM SOLUTION INSTRAIGHT MOTION MATERIAL. JOM FKIP, 1-14.

Rismatul Azizah, Lia Yuliati, dan Eny Latifah . (2015). THE PHYSIC PROBLEM SOLVING DIFFICULTIES ON HIGH SCHOOL STUDENT. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 44-50.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Fisika



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.