PENGEMBANGAN MEDIA POWERPOINT TERINTEGRASI PHET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI GRAFIK DAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK

Handika Setya Darma, Suparwoto Suparwoto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran berupa PowerPoint terintegrasi PhET yang layak untuk meningkatkan kemampuan representasi grafik dan representasi matematis peserta didik; (2) mengetahui peningkatan kemampuan representasi grafik peserta dan kemampuan representasi matematis peserta didik setelah melalui proses pembelajaran menggunakan PowerPoint terintegrasi PhET  (3) mendeskripsikan keefektifan pembelajaran memaanfaatkan media powerpoint terintegrasi PhET dalam meningkatkan kemampuan representasi grafik dan representasi matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitan dan pengembangan (R&D) dengan model 4D. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) produk media pembelajaran PowerPoint terintegrasi PhET layak digunakan dalam pembelajaran fisika dengan kategori sangat baik. 2) implementasi media dalam pembelajaran  mampu meningkatkan kemampuan representasi grafik peserta didik dengan standard gain 0,65 yang termasuk dalam kategori sedang, sedangkan peningkatan kemampuan representasi matematis peserta didik dengan standard gain 0,78 yang termasuk dalam kategori tinggi, 3) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan representasi grafik dan representasi matematis peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dibuktikan dengan hasil uji manova, dimana nilai sig. yang diperoleh lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05), dan nilai  ES nya 0,52 pada kemampuan representasi matematis dalam kategori sedang, lalu 1,12 pada kemampuan representasi grafik dalam kategori tinggi sehingga media yang dikembangkan efektif digunakan pada materi pokok gerak harmonis sederhana.


Full Text:

PDF

References


Izwita, Dewi., Saragih, Sahat., Khairani, Dewi. (2017). Analisis Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMA Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Didaktik Matematika, 4(2), 115-124

Kurniawati, Inung D., dan Nita, Sekreningsih. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68-75

Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta

Sezen, Nazan., Uzun, Meltem Sari., Bulbul, Ali. (2012). An investigation of preservice physics teachers’ use of graphical representations. Procedia - Social and Behavioral Science 46, 3006-3010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Fisika



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.