Pengembangan Instrumen Penilaian Proyek Mind Mapping untuk Mengukur Penguasaan Konsep Fisika dan Keterampilan Berpikir Kreatif

Adhistinka Jiananda, Mundilarto Mundilarto

Abstract


Abstrak- Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh produk instrumen penilaian berbasis proyek mind mapping yang layak untuk mengukur penguasaan konsep fisika dan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan modifikasi model Wilson dan Oriondo dan Antonio. Validitas instrumen dilakukan dengan expert judgement oleh ahli pendidikan fisika dan praktisi. Instrumen penilaian diujikan kepada 11 peserta didik untuk uji terbatas dan 32 peserta didik untuk uji luas. Teknik analisis data digunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah telah dihasilkan instrumen penilaian berbasis proyek mind mapping yang memenuhi syarat untuk mengukur penguasaan konsep fisika dan keterampilan berpikir kreatif peserta didik dengan rata-rata hasil validasi dari ahli dan praktisi sebesar 60,5.

Kata-Kata Kunci: pengembangan, instrumen penilaian proyek mind mapping, penguasaan konsep fisika, keterampilan berpikir kreatif.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 E-Journal Pendidikan Fisika



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.