Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Online Project Based Learning (e-PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Ditinjau dari Kreativitas dan Kemampuan Awal Peserta Didik

Fitriyani Fitriyani, Suparwoto Suparwoto

Abstract


Abstrak- Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kelayakan perangkat pembelajaran model e-PjBL; (2) mengungkapkan peningkatan hasil belajar kognitif ditinjau dari kreativitas dan kemampuan awal peserta didik; (3) mengungkapkan hubungan antara kreativitas dan kemampuan awal dengan hasil belajar kognitif peserta didik; (4) mengungkapkan kreativitas sebagai prediktor yang baik bagi hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D Model. Teknik analisis data kelayakan perangkat pembelajaran menggunakan simpangan baku ideal (Sbi) dengan penilaian skala lima, CVR (Content Validity Ratio), dan CVI (Content Validity Index) yang divalidasi oleh validator ahli dan praktisi. Analisis statistik menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) telah dihasilkan perangkat pembelajaran yang layak digunakan dengan rata-rata penilaian untuk RPP sebesar 4,69 dan untuk e-Modul sebesar 4,75 dengan kategori sangat baik; (2) terdapat peningkatan hasil belajar dengan kategori sedang; (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kreativitas dan kemampuan awal terhadap hasil belajar peserta didik; (4) kreativitas sebagai prediktor yang baik bagi hasil belajar kognitif peserta didik.

Kata-Kata Kunci : e-PjBL, e-Modul, hasil belajar kognitif, kreativitas, kemampuan awal

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 E-Journal Pendidikan Fisika



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.