Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Online-Project Based Learning untuk Meningkatkan HOTS Fisika Peserta Didik SMA

Rini Widianingrum, Sukardiyono Sukardiyono

Abstract


Abstrak- Penelitian ini bertujuan untuk 1) memperoleh produk perangkat pembelajaran model Online Project Based Learning (Online-PjBL) yang layak untuk meningkatkan HOTS fisika peserta didik SMA,2) mengetahui besar peningkatan hasil belajar kognitif ditinjau dari respon HOTS peserta didik melalui pembelajaran model Online- PjBL di kelas. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan modifikasi model 4D. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa silabus, RPP, Handout, dan LKPD. Validitas instrumen digunakan CVR dan CVI. Teknik analisis hasil penelitian digunakan standar gain. Hasil penelitian ini adalah 1) telah dihasilkan perangkat pembelajaran materi gerak melingkar model Online Project Based Learning (Online- PjBL) yang layak untuk meningkatkan hasil belajar ranah kognitif peserta didik SMA dengan kategori sangat baik. 2) perangkat pembelajaran Online-PjBL mampu meningkatkan hasil belajar kognitif ditinjau dari respon HOTS peserta didik dengan gain sebesar 0,69 dengan kategori sedang.

Kata-Kata Kunci: perangkat pembelajaran, Online Project Based Learning (Online-PjBL), respon HOTS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 E-Journal Pendidikan Fisika



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.