EFFECTIVENESS OF LEARNING SIMULATION MODEL ASSISTED PhET ON PHYSICS LEARNING REVIEWED FROM ENHANCEMENT OF ACTIVITY AND LEARNING RESULTS COGNITIVE ASPECTS STUDENTS OF SENIOR HIGH SCHOOL

Ulfaturrona Nur Labibah , Jumadi

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui efektivitas model simulasi menggunakan media PhET dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar aspek kognitif peserta didik kelas XI pada materi gelombang mekanik. (2) mengetahui besar sumbangan efektif model pembelajaran simulasi menggunakan media PhET dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar aspek kognitif peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan yaitu Pretest-Posttest Control Group Desaign.Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI semester 2 SMA N 1 Prambanan Sleman Tahun Pelajaran 2017/2018 terdiri dari empat kelas. Sampel pada penelitian ini ditentukan dengan cara teknik purposive. Teknik ini digunakan karena kelas diajar oleh guru yang sama hanya terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal tes hasil belajar, lembar observasi keaktifan peserta didik, dan lembar observasi keterlaksanaan RPP. Analisis data menggunakan uji GLM-Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model simulasi menggunakan media PhET dalam pembelajaran fisika efektif untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar aspek kognitif peserta didik kelas XI pada materi gelombang mekanik. (2) model pembelajaran simulasi menggunakan media PhET dalam pembelajaran fisika memberi sumbangan efektif 41,1% untuk meningkatkan keaktifan peserta didik dan 48,1% untuk meningkatkan hasil belajar aspek kognitif peserta didik. Kata kunci : Model simulasi PhET, hasil belajar aspek kognitif, keaktifan, materi gelombang mekanik. Abstract The research is aimed to: (1) to know the effectiveness of simulation model using PhET media in physics learning to improve activity and learning result of cognitive aspect of class XI students on mechanical wave material. (2) to know the effective contribution of simulation learning model using PhET media in physics learning to improve liveliness and learning achievement of cognitive aspect of learner. The method used in this research is quasi-experimental method. The research design used is Pretest-Posttest Control Group Desaign.Population in this research is the students of class XI semester 2 SMA N 1 Prambanan Sleman Lesson Year 2017/2018 consists of four classes. The sample in this research is determined by purposive technique. This technique is used because the class is taught by the same teacher only consists of two classes, namely class XI IPA 3 and XI IPA 4. Research instruments used are the test questions learning result, students activation observation sheet, and observation sheet implementation RPP. Data analysis using GLM-Manova test. The results showed that (1) simulation model using PhET media in effective physics learning to improve activity and learning result of cognitive aspect of class XI students on mechanical wave material. (2) simulation learning model using PhET media in physics learning give effective contribution 41,1% to improve learner activity and 48,1% to improve learning result of cognitive aspect of learner. Keywords : PhET simulation model, cognitive aspects learning outcomes, student activity, mechanical wave material.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 E-Journal Pendidikan Fisika



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.