PENGEMBANGAN MEDIA WORKSHEET BERBASIS PERMAINAN PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI FLUIDA STATIS DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DEVELOPMENT OF PUZZLE GAME BASED WORKSHEET TO INCREASE THE MOTIVATION AND RESULT IN PHYSIC LEARNING ON THE SUBJECT MATTER OF STATIC FLUID WITH SCIENTIFIC APPROACH

IIS HANDAYANI IIS HANDAYANI, Yusman Wiyatmo Yusman Wiyatmo

Abstract


Intisari- Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk berupa media Worksheet Berbasis Permainan Puzzle yang layak untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika pada materi Fluida Statis; (2) mengetahui peningkatan motivasi belajar peserta didik setelah menggunakan media Worksheet Berbasis Permainan Puzzle; dan (3) mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif setelah menggunakan media Worksheet Berbasis Permainan Puzzle.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4-D menurut Thiagarajan dan Semmel. Tahap define merupakan tahap awal untuk mendefinisikan permasalahan. Tahap design dilakukan dengan mengembangkan rancangan awal (draft) media Worksheet Berbasis Permainan Puzzle dan instrumen penelitian. Tahap develop dihasilkan media Worksheet Berbasis Permainan Puzzle yang layak serta dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik dalam ranah kognitif. Kelayakan media Worksheet Berbasis Permainan Puzzle dilihat dari skor validitas CVI hasil validasi oleh validator, tingkat persetujuan asesor (PA) dan nilai ICC. Peningkatan motivasi belajar dilihat dari nilai standard Gain pada angket respon peserta didik, sedangkan peningkatan hasil belajar dilihat berdasarkan nilai standard Gain pada lembar pretest dan posttest. Tahap disseminate dilakukan untuk menyebarluaskan produk berupa media Worksheet Berbasis Permainan Puzzle yang dilakukan di SMA Negeri 1 Jetis, SMA Negeri 1 Prambanan, dan SMA Negeri 1 Tempel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media Worksheet Berbasis Permainan Puzzle layak digunakan dalam pembelajaran fisika ditinjau berdasarkan hasil analisis validitas menggunakan CVI memperoleh nilai 0,956 (sangat baik), tingkat persetujuan asesor (PA) lebih dari 75%, dan nilai ICC untuk Worksheet 1, 2, 3, dan 4 Berbasis Permainan Puzzle berturut-turut adalah sebesar 0,987 (istimewa), 0,981 (istimewa), 0,984 (istimewa), dan 0,983 (istimewa); (2) peningkatan motivasi belajar sebesar 0,83 dengan klasifikasi tinggi; dan (3) peningkatan hasil belajar sebesar 0,73 dengan klasifikasi tinggi.
Kata-kata Kunci: worksheet, puzzle, motivasi belajar, hasil belajar
Abstract-This research was aimed to: (1) produce a feasible Puzzle Game Based Worksheet on the subject matter of static fluid; (2) know the increase in study motivation after using Puzzle Game Based Worksheet; (3) know the increase in study result after using Puzzle Game Based Worksheet
The method of this research was Research and Development with 4-D model (Define, Design, Develop, and Disseminate) by Thiagarajan and Semmel. Define stage is an initial stage to define the problem. Design stage was done by developing the draft of Puzzle Game Based Worksheet and research instrument. The develop stage was aimed to produce feasible Puzzle Game Based Worksheet and to know the increase of study motivation and study result. Feasibility of Puzzle Game Based Worksheet was taken from CVI validity score from validator, ICC, and PA reliability score. The increase of study motivation was taken from standard gain of student response and study result was taken from standard gain of student’s pretest-posttest score. Disseminate stage was done by publishing the student worksheet of Puzzle Game Based Worksheet at SMA Negeri 1 Jetis, SMA Negeri 1 Prambanan, and SMA Negeri 1 Tempel.
The result of this research shows that: (1) Puzzle Game Based Worksheet is feasible based on CVI score of validation which is 0.956 (very good), Percentage of Agreement with the average score of PA is > 75%, and ICC score Puzzle Game Based Worksheet 1, 2, 3, and 4 is 0.987 (excellent), 0.981 (excellent), 0.984 (excellent), and 0.983 (excellent); (2) the increase in study motivation is 0.83 (high); and (3) the increase in study result is 0.73 (high).
Keywords: worksheet, puzzle, study motivation, study result

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Pend. Fisika - S1



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.